Senin, 11 Juni 2012

Supernova: Partikel

Ternyata 8 tahun ya kita harus menunggu Partikel sebagai kelanjutan serial Supernova ini? Sampai-sampai aku hampir lupa cerita buku 1 hingga 3. Dan kupikir Partikel akan menjadi akhir perjalanan Supernova karena aku berpedoman pada 4 arah mata angin. Kenapa 4 arah mata angin? Ya, ini suka-sukaku aja kok. Hehe... Namun Dee masih menyelipkan tokoh baru dalam serial ini, Zarah, remaja putri yang 80% ideal di mataku. Pinter, berani, keras kepala, sayang keluarga dengan caranya yang unik, pekerja keras, punya pacar ganteng walau akhirnya tak berakhir bahagia, dan banyak orang yang menyayanginya.


Zarah yang pintar ini belajar dari Bapaknya, Firas. Tak pernah sekolah, bener-bener home-schooling. Tapi dasar Firas adalah dosen mikologi yang paling nomer 1 di IPB, maka pelajaran Zarah pun tak main-main. Bukan pelajaran seusianya lagi yang Zarah dapatkan, tapi sudah setingkat anak kampus. Berkali-kali orang tua Aisyah, ibunya Zarah, yaitu Abah & Umi meminta hingga memaksa Zarah untuk sekolah, tapi Zarah dan Firas tak tertarik. Namun suatu peristiwa memaksa Zarah untuk sekolah, yaitu ketika.... Ah ini harus cari sendiri jawabannya di buku ya. :)

Zarah yang berani dan keras kepala, menyukai petualangan. Dia berani masuk hutan yang dilarang penduduk Batu Luhur hanya karena Zarah tak menemukan hal menakutkan di dalam sana seperti yang penduduk katakan. Zarah berani keluar rumah dan menentang Ibu Aisyah karena ia yakin ia melakukan yang benar. Sekali lagi, ini benar menurut kata hatinya. Tak benar menurut kacamata orang lain. Kekeraskepalaannya ini membuat hubungannya dengan Ibu, Abah dan Umi renggang. Hal benar apakah yang dilakukannya? Cari lagi jawabannya di buku yaa... :D

Zarah yang sayang pada keluarga ini amat sayang pada Hara adiknya yang selalu siap menjaga keluarga dan bisa diatur oleh keluarga. Dengan perbedaan karakter dengannya, Zarah merasa ia dan Hara saling mengisi. Ada yang bertugas mencari dan menjaga. Bagaimana mungkin aku bisa bilang Zarah ini sayang keluarga kalau hubungannya dengan Ibu, Abah dan Umi renggang? Percaya deh, Zarah sayang pada keluarga dengan caranya sendiri. Bagaimana Zarah mengekspresikannya saat ia... hmm.. temukan saja sendiri di buku dan kamu pasti setuju padaku.

Pekerja keras? Tak jauh dari karakter keras kepalanya deh, ia membuktikan dirinya dapat hidup mandiri tanpa keluarganya. Begitu ia fokus mengerjakan sesuatu, entah itu mengajar les bahasa Inggris, entah itu mencari tahu dan belajar hal-hal yang menarik minatnya, entah itu menyelidiki kemana perginya Firas, saat menjadi ibu asuh bagi Sarah, hingga menjadi anggota The A-Team bersama Paul & Zach... Atau mungkin lebih benar kalau aku sebutnya pekerja yang ulet yah? Hehehe... Boleh deh, harga temen. :P

Lalu apa yang kudapatkan dari Partikel?
- ilmu pengetahuan alam, terutama biologi khususnya tentang fungi
- adanya kehidupan lain selain kita yang bernama manusia, yang belum bisa aku bilang ada benar atau tidak ada benar. No comment aja untuk bagian ini, masih terlalu di luar pengetahuan kita sebagai orang awam.
- betapa science memang sulit bersatu dengan religiusitas
- adanya pekerjaan seperti The A-Team yang menurutku seru juga :D
- ... apaan lagi yah? ...

Dee rajin banget ya baca-baca cari materi kayak gini, dan ngeles cari alasan 'kenapa baru 8 tahun'-nya dikemas dengan kata-kata indah jadinya aku ga bisa protes. Hihihi...

Suka lah buku ini, ga sabar nunggu Gelombang dan Inteligensi Embun Pagi, karena kangen penuturan Dee dalam bercerita prosa. Iyaaa...aku ga hobi baca puisi dan cerpennya Dee. Lebih senengan prosa aja. :D

6 komentar:

  1. Mudah2an Supernova berikutnya ngga lama nunggunya, hehe.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya..penasaran dgn kelanjutan cerita dan nasib para tokoh utamanya nih. Hehehe...

      Hapus
  2. saya baru mau baca msh di rak 'to read'nunggu antrian, dan sdh lupa cerita buku nya yang dulu..gimana dong :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg kulakukan biar inget cerita dari 3 buku yg lama: buka Goodreads, baca-baca sedikit, inget deh. Hehehe...

      Tapi toh buku ini 99% isinya cerita baru, cuma sekian lembar di belakang aja baru balik ngomongin Elektra & Bodhi. Jadi, ga harus inget-inget isi 3 buku yg lama kok. ;)

      Hapus
  3. halo Monica salam kenal ya :) *dalam ajang kenalan sama anggota BBI yg lain*
    belum pernah baca Supernova nih, penasaran dari dulu soalnya banyak banget yg mengelu-elukan tapi g kesampean melulu :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waa...buruan baca...daripada makin penasaran! Hihihi... Salam kenal juga yaaa

      Hapus