Kamis, 26 Maret 2015

Buku Pintar ASI dan Menyusui

Desember 2014, di akhir kehamilan pertamaku kemarin, aku dapet hadiah Buku Pintar ASI dan Menyusui ini dari kak Christine. Duh senangnya, isinya kan penting banget untuk menambah pengetahuanku sebagai ibu baru dan terlebih lagi ada tanda tangan penulisnya: Fatimah Berliana Monika Purba !!! Hwoaaa.... ternyata eh ternyata, Monika ini temennya kak Xtine. Ih senangnya hatiku. Terima kasih lagi, kak Xtine :*

Jadi nih ya, Monika ini adalah seorang ibu biasa yang luar biasa! Eh maksudnya gimana? Hihihi... dia sebenernya ibu rumah tangga biasa yang mengalami masalah klasik ibu saat menyusui bayinya. Nah pas dia keluar negeri, dia jadi tertarik ilmu laktasi sampe bergabung di sebuah organisasi yang mendukung ASI-menyusui. Nama organisasinya adalah La Leche League (LLL). Monik pun jadi leader pertama dari Indonesia dan masih jadi satu-satunya member LLL di Indonesia. Jadi ilmunya beneran nih, bukan abal2. Udah dong ya, percaya ya kalau segala yang ditulisnya bukan sekedar pengalaman tapi emang ada nilai pengetahuan medisnya? Ok, sekarang kita bahas bukunya :)

 Hwoaaa...buku ini lengkap! Mulai dari apa komposisi ASI, kenapa ASI penting, kenapa harus IMD, kenapa ga boleh langsung ngasih makanan ke bayi berusia di bawah 6 bulan, gimana cara menyusui yang bener, gimana menyusuinya kalau bayinya lahir prematur, masa simpan ASI, gimana kalau ASInya ga keluar, gimana kalau bayinya kuning, kalau payudaranya kecil apakah mempengaruhi jumlah ASI, tekstur pup bayi seperti apa, berapa banyak ASI yang keluar untuk hari pertama, problem-problem apa aja yang biasa terjadi saat menyusui, dan lain sebagainya. Ini adalah salah satu buku yang akan kita baca lagi setelah selesai baca, karena memang seperti judulnya: "Buku Pintar ASI dan Menyusui", sehingga saat ketemu masalah pun kita bakal buka-buka lagi lembaran buku ini mencari jawaban atas masalah menyusui kita.


Dengan baca buku ini tepat sebelum aku menyusui, aku jadi tahu bahwa ada hal-hal yang ga perlu dirisaukan karena emang gitu. Bingung aku ngomongin apa? Contohnya: ASI hari pertama kok dikit banget dan warnanya bukan putih susu? Iya emang gitu! Santai aja. Nah kalau orang jaman dulu tuh pasti udah sibuk ngasih ASIP/susu formula supaya bayinya bisa kenyang. Eh jangan! Karena memang Tuhan udah atur gitu. Produksi ASI hari pertama emang dikit, tapi itu cukup untuk debay yang memang juga masih masa penyesuaian dengan dunia barunya. Toh masih ada lemak pada tubuh bayi yang mencukupi kebutuhan awalnya. Ibu rileks aja, cintai bayi sepenuh hati, ga usah dengerin orang-orang jaman dulu itu, pasti nanti ASI hari-hari berikutnya bakal banyak kok!

Beneran deh, buku ini penting! Harus dimiliki oleh ibu hamil, apalagi kalau ibu baru. Ntar pas jai busui dan udah punya bukunya juga jangan males bacanya ya. Eh itu mah naga-naganya kakakku. Ga pernah khatam baca buku. Yang ada cuma jadi ganjelan kepala, gantiin bantal dan buntut-buntutnya minta diceritain aja apa isi buku itu. Hahahaha.... Eniwei, met baca yaaaaaaaa ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar