Senin, 22 April 2013

Habibie & Ainun

Pak Habibie itu pinter banget. 75% isi buku ini bikin aku geleng2 kepala karenanya. Bisa menduduki jabatan tinggi di perusahaan Jerman bahkan sering dimintai tolong oleh pemerintah Jerman berkat kepandaian Pak Habibie dalam bidang teknik itu...luar biasa super. Hebatnya, Pak Habibie itu tetep berusaha mengabdi pada Indonesia. Hah? Kok bisa gitu ya? Ternyataaaa karena waktu beliau meninggalkan Indonesia tahun 60 itu aura kebangsaan masih tinggi banget. Oh ya...klo gitu alasannya, maka masuk akal lah Pak Habibie segitu cinta sama Indonesia.

Tapi sayang, seiring waktu, Pak Habibie mulai memahami bahwa Indonesia yg ia kenal sudah berubah. Kepentingan golongan dibungkus politik yg mencari keuntungan ekonomi mulai mendekatinya. Untunglah Pak Habibie punya iman yang kuat dan cinta yg besar dari seorang Bu Ainun, sehingga kejujuran dan kerendahhatian tetap ia pegang teguh.

Bu Ainun...hmm...luas banget hatinya. Selain pintar di bidang kedokteran, pandai pula menjaga keluarga. Dapet Pak Habibie yang fokus kerja sampe ga ngurusin detail rumah tangga dan bahkan menghadapi Pak Habibie yang cenderung keras kepala itu ga mudah loh. Tapi Pak Habibie memang ga bisa apa-apa saat Bu Ainun sakit. Seolah dunianya runtuh sehingga semua yang ia lakukan hanyalah demi kebaikan dan kesembuhan Bu Ainun aja. Ga heran sih kalau Pak Habibie seperti pincang saat Bu Ainun meninggal. Hebat bener deh cinta di antara mereka berdua. Bener-bener tulus dan teruji.

Aku habisin buku ini cukup lama banget. Sekitar 3 bulan. Berat. Berat banget baca kalimat-kalimat Pak Habibie. Bukan hanya karena bahasan dia tentang alam teknisnya, tapi juga karena kalimatnya terlalu detail kayak baca buku agenda yang ada tanggal dan poin penting meetingnya, terlalu penuh bahasa orang tua yang kadang muter-muter berusaha jaga image dan visi misinya, terlalu banyak pengulangan terutama bagian Pak Habibie mengungkapan cintanya pada Bu Ainun. Sumpah ini buku berat untuk saya di bagian teknis dan politis, dan sekaligus menyentuh di bagian cinta-cintaannya.

Oya, ada beberapa perbedaan dengan versi film, seperti saat Pak Habibie datang berhari Lebaran ke rumah Bu Ainun. Bukan Bapaknya Bu Ainun yang meminta mereka berdua jalan-jalan seperti di film, tapi memang Pak Habibie sendiri yang memintanya. Ya biasa lah, tetep enakan baca untuk dapetin keakuratan cerita, tapi enakan nonton kalau mau liat visualisasinya. :D

Makasih kakak Hilda yang udah mau pinjemin bukunya berbulan-bulan nginep di rumah saya. Hihihi...

2 komentar:

  1. Kata temenku, buku ini mencerminkan banget gimana orang cerdas itu pikirannya jalan lebih cepet daripada tutur katanya, karena gaya cerita pak habibie di buku ini katanya muter2 gitu, bukti bahwa pak Habibie jenius. hehehehe...
    Tapi hebat euy bisa tamatin buku ini! aku cukup liat filmnya aja...hehehehe #payah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha...kmaren 2 bulan megap-megap baca buku ini.
      Kalo ga karena si peminjam memaksaku untuk baca, pasti buku ini ga akan aku baca samsek. Hahaha..

      Hapus