Sabtu, 08 Agustus 2015

Cerita Tentang Orkestra

Pas bongkar-bongkar laci di rumah kakak, eh nemu buku "Cerita Tentang Orkestra" ini. Sampulnya menarik dengan ilustrasi sebuah konser yang sedang dipertunjukkan kepada sekelompok penonton. Lucunya lagi, ada beberapa hewan yang ikut main alat musik dan jadi penonton di situ. Hihihi... Apa yang mau disampaikan oleh Meredith Hamilton sebagai ilustrator buku ini yah?

Tertulis di covernya: "Dilengkapi CD dengan 37 karya komponis-komponis terbesar". Tapi kakak bilang, pas dijual udah ga ada CD-nya, mungkin itu sebabnya buku ini cuma dihargai Rp20rb sajah. Hmm...sayang ya, padahal pasti asyik baca buku sambil dengerin lagunya. Tapi tenang aja, saya punya akal. ;)


Buku ini terbagi atas dua bagian: komponis dan instrumen-instrumen dalam orkestra. 'Orchestra Bob' yang akan memandu kita untuk menjelajahi isi buku "Cerita Tentang Orkestra" ini, menjelaskan beberapa hal dan menunjukkan kapan kita harus memasang lagu dalam CD.

Di bagian pertama yaitu bagian komponis, Robert Levine membaginya menurut era musik klasik: barok, klasik, romantik & modern. Selain penjelasan ciri-ciri era tersebut, masing-masing era diberikan beberapa tokoh komponis, keunikan dan contoh lagu yang mereka ciptakan.

Antonio Vivaldi ternyata adalah seorang pendeta berambut merah yang mengajar biola di sebuah sekolah mausik bagi anak-anak yatim piatu? Johann Sebastian Bach tidak terkenal sampai 100 tahun setelah dia meninggal dunia karena tidak punya waktu untuk roadshow? Aku baru tau itu! :D Dan masih banyak contoh-contoh 'aku baru tau' lainnya lagi berkat buku ini. Jadi kayak belajar santai deh :)

Di bagian kedua yaitu tentang jenis-jenis alat musik yang biasa dipakai dalam sebuah orkestra, Robert Levine membaginya berdasarkan beberapa kelompok musik. Berdawai, woodwind, brass, perkusi & keyboard. Dijelaskan sejarah & perbedaan antara biola, viola, cello, contrabass, harpa. Betapa butanya aku tentang alat musik di kelompok brass sehingga ga kebayang gimana cara mainin trompet yang tak ada pencetan atau katupnya itu! Hadow.. PR bener deh nih. :D

Buku ini pengen dikekepin dan disimpan di lemariku kalau saja bukan buku pinjaman. Abis isinya penting tang tung banget sih! Suka banget buku ini, buka wawasanku tentang musik klasik & alat musik banget.

Oya, lalu apa ide yang kupunya walau CD-nya ga ada? Saat si Bob minta pasang lagu nomer 1 berjudul "Ride of the Valkyries" karya Wagner, aku ke youtube deh. Beres. Hari gini gitu loh, jaman udah canggih! Hahaha...

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
Penulis: Robert Levine
Ilustrator: Meredith Hamilton
Pengalih bahasa: Meliana Simamora
Penyunting: Gabriella Felicia
Redesain: Yanyan Wijaya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar